Kunjungan UKPBJ Kabupaten Probolinggo ke LPSE Kabupaten Klungkung dalam rangka Studi Literasi AMEL

Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Klungkung kembali menerima kunjungan kali ini dari UKPBJ Kabupaten Probolinggo, pada hari Jumat, 22 Nopember 2019 dengan jumlah peserta 20 orang. Kunjungan ini bertujuan untuk Studi Literasi Sistem Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Lokal (AMEL).

Rombongan UKPBJ yang dipimpin oleh Bapak Drs. H.M. Sidik Widjanarko, MM selaku Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Probolinggo, diterima oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Klungkung Ibu Luh Ketut Ari Citrawati, S.Sos., MM, Kepala Bagian Administrasi Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Klungkung Bapak Ida Bagus Wirawan Adi Putra, SSTP, M.Si., Tim LPSE Kabupaten Klungkung beserta Kasubbag dan staf dari Bagian Administrasi PBJ di Ruang Rapat Widya Mandala Kabupaten Klungkung.

AMEL atau Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Lokal adalah aplikasi berbasis web yang dikelola sendiri oleh K/L/Pemda sehingga data lebih akurat dan realtime, mulai dari perencanaan sampai serah terima pekerjaan serta pembayaran. Dan Kabupaten Klungkung menjadi Pemerintah Daerah pertama yang menerapkan dan menjadi pilot project dalam pelaksanaannya dimana AMEL merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Oleh Kasubbag Pengelolaan Sistem Informasi PBJ juga disampaikan bahwa kunci keberhasilan AMEL bisa akurat adalah data di Aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) yang akurat dan menggambarkan keseluruhan Belanja Langsung pada masing-masing Perangkat Daerah juga kedisiplinan Pejabat Pembuat Komitmen untuk selalu menginput data pada Manajemen e-Kontrak, Pencatatan Non Tender dan Pencatatan Swakelola pada aplikasi SPSE dan penginputan e-kontrak pada paket-paket e-Purchasing.

Tinggalkan komentar